Skip to main content

Masukkan nomor hadits dari 1 sampai 26363

حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ يَزِيدَ حَدَّثَنَا سَعِيدٌ حَدَّثَنِي ابْنُ عَجْلَانَ عَنْ زَيْدِ بْنِ أَسْلَمَ عَنْ أَبِي صَالِحٍ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ
عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ خَيْرُ الصَّدَقَةِ مَا كَانَ مِنْهَا عَنْ ظَهْرِ غِنًى وَالْيَدُ الْعُلْيَا خَيْرٌ مِنْ الْيَدِ السُّفْلَى وَابْدَأْ بِمَنْ تَعُولُ فَقِيلَ مَنْ أَعُولُ يَا رَسُولَ اللَّهِ قَالَ امْرَأَتُكَ مِمَّنْ تَعُولُ تَقُولُ أَطْعِمْنِي وَإِلَّا فَارِقْنِي وَجَارِيَتُكَ تَقُولُ أَطْعِمْنِي وَاسْتَعْمِلْنِي وَوَلَدُكَ يَقُولُ إِلَى مَنْ تَتْرُكُنِي

Terjemahan/Arti Hadits:

Telah menceritakan kepada kami Abdullah bin Yazid[1], dia berkata; telah menceritakan kepada kami Sa'id[2], dia berkata; telah menceritakan kepadaku Ibnu 'Ajlan[3] dari Zaid bin Aslam[4] dari Abu Shalih[5] dari Abu Hurairah[6] dari Nabi shallallahu 'alaihi wasallam, beliau bersabda: "Sebaik-sebaik sedekah adalah sedekah yang dilakukan setelah kecukupan, dan tangan yang di atas adalah lebih baik dari tangan di bawah, maka mulailah dari orang yang menjadi tanggunganmu." Maka ditanyakan kepadanya; "Siapakah yang menjadi tanggunganku wahai Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam?" beliau bersabda: "Istrimu adalah orang yang menjadi tanggunganmu, yang ia berkata; 'Berilah makan kepadaku, jika tidak maka ceraikanlah aku.' Dan budak wanitamu yang berkata; 'Berilah makan kepadaku, setelah itu perintahkanlah aku untuk bekerja.' Dan anakmu yang berkata; "Kepada siapa engkau tinggalkan aku."

Sanad Hadits | Catatan Kaki:

  1. 1] Abdullah bin Yazid, Al 'Adawiy Al 'Umariy, Abu 'Abdur Rahman, Al Muqri' Al Qashir, Tabi'ut Tabi'in kalangan biasa, wafat tahun 213 H, hidup di Marur Rawdz, wafat di Marur Rawdz.
  2. [2] Sa'id bin Miqlash Abi Ayyub, Al Khaza'iy , Abu Yahya, Tabi'ut Tabi'in kalangan tua, wafat tahun 161 H, hidup di Maru.
  3. [3] Muhammad bin 'Ajlan, Al Qurasyiy, Abu 'Abdullah , Tabi'ut Tabi'in kalangan pertengahan, wafat tahun 148 H, hidup di Madinah, wafat di Madinah.
  4. [4] Zaid bin Aslam, Al 'Adawiy Al Qurasyiy, Abu Usamah, Tabi'in kalangan pertengahan, wafat tahun 136 H, hidup di Madinah, wafat di Madinah.
  5. [5] Dzakwan, Abu Shalih, Tabi'in kalangan pertengahan, wafat tahun 101 H, hidup di Madinah, wafat di Madinah.
  6. [6] Abdur Rahman bin Shakhr, Ad Dawsiy Al Yamaniy, Abu Hurairah, Shahabat, wafat tahun 57 H, hidup di Madinah, wafat di Madinah.