Skip to main content

Masukkan nomor hadits dari 1 sampai 4590

Kitab: Jual beli

Bab: Penjelasan tentang muzara'ah (menggarap lahan orang dengan sistem bagi hasil)

حَدَّثَنَا إِبْرَاهِيمُ بْنُ مُوسَى الرَّازِيُّ أَخْبَرَنَا عِيسَى حَدَّثَنَا الْأَوْزَاعِيُّ ح و حَدَّثَنَا قُتَيْبَةُ بْنُ سَعِيدٍ حَدَّثَنَا لَيْثٌ كِلَاهُمَا عَنْ رَبِيعَةَ بْنِ أَبِي عَبْدِ الرَّحْمَنِ وَاللَّفْظُ لِلْأَوْزَاعِيِّ حَدَّثَنِي حَنْظَلَةُ بْنُ قَيْسٍ الْأَنْصَارِيُّ قَالَ
سَأَلْتُ رَافِعَ بْنَ خَدِيجٍ عَنْ كِرَاءِ الْأَرْضِ بِالذَّهَبِ وَالْوَرِقِ فَقَالَ لَا بَأْسَ بِهَا إِنَّمَا كَانَ النَّاسُ يُؤَاجِرُونَ عَلَى عَهْدِ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بِمَا عَلَى الْمَاذِيَانَاتِ وَأَقْبَالِ الْجَدَاوِلِ وَأَشْيَاءَ مِنْ الزَّرْعِ فَيَهْلَكُ هَذَا وَيَسْلَمُ هَذَا وَيَسْلَمُ هَذَا وَيَهْلَكُ هَذَا وَلَمْ يَكُنْ لِلنَّاسِ كِرَاءٌ إِلَّا هَذَا فَلِذَلِكَ زَجَرَ عَنْهُ فَأَمَّا شَيْءٌ مَضْمُونٌ مَعْلُومٌ فَلَا بَأْسَ بِهِ
وَحَدِيثُ إِبْرَاهِيمَ أَتَمُّ و قَالَ قُتَيْبَةُ عَنْ حَنْظَلَةَ عَنْ رَافِعٍ قَالَ أَبُو دَاوُد رِوَايَةُ يَحْيَى بْنِ سَعِيدٍ عَنْ حَنْظَلَةَ نَحْوَهُ

Terjemahan/Arti Hadits:

Telah menceritakan kepada kami Ibrahim bin Musa Ar Razi[1], telah mengabarkan kepada kami Isa[2], telah menceritakan kepada kami Al Auza'i[3], dan telah diriwayatkan dari jalur yang lain: Dan telah menceritakan kepada kami Qutaibah bin Sa'id[4] telah menceritakan kepada kami Laits[5], keduanya berasal dari Rabi'ah bin Abu Abdurrahman[6], sedangkan lafazhnya adalah lafazh Al Auza'i. telah menceritakan kepadaku Hanzhalah bin Qais Al Anshari[7], ia berkata; aku bertanya kepada Rafi' bin Khadij[8] mengenai penyewaan tanah dengan emas dan perak. Kemudian ia berkata; tidak mengapa. Sesungguhnya orang-orang dahulu pada masa Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam menyewakan dengan upah apa yang tumbuh di kedua sisi saluran air, dan rumput-rumput sungai serta berbagai hal dari pertanian. Kemudian ada yang rusak dan ada yang baik, dan orang-orang tidak memiliki cara menyewakan kecuali seperti ini. Oleh karena itu beliau melarang dari hal tersebut. Adapun sesuatu yang terjamin dan diketahui maka tidak mengapa. Dan hadits Ibrahim lebih sempurna. Qutaibah berkata; dari Hanzhalah, dari Rafi'. Abu Daud berkata; riwayat Yahya bin Sa'id dari Hanzhalah seperti ini.

Hadits Terkait:

Sanad Hadits | Catatan Kaki:

  1. [1] Ibrahim bin Musa bin Yazid bin Zadzan, Al Fara' At Taymiy, Abu Ishaq, Ash Shaghir, Tabi'ul Atba' kalangan tua, wafat tahun 220 H, hidup di Rayi.
  2. [2] Isa bin Yunus bin Abi Ishaq, As Suba'iy, Abnu 'Amru, Tabi'ut Tabi'in kalangan pertengahan, wafat tahun 187 H, hidup di Kufah, wafat di Hadats.
  3. [3] Abdur Rahman bin 'Amru bin Abi 'Amru, Al Awza'iy, Abu 'Amru, Tabi'ut Tabi'in kalangan tua, wafat tahun 157 H, hidup di Syam, wafat di Baitul Maqdis .
  4. [4] Qutaibah bin Sa'id bin Jamil bin Tharif bin 'Abdullah , Ats Tsaqafiy Al Baghlaniy, Abu Raja', Tabi'ul Atba' kalangan tua, wafat tahun 240 H, hidup di Himsh.
  5. [5] Laits bin Sa'ad bin 'Abdur Rahman, Al Fahmiy, Abu Al Harits, Tabi'ut Tabi'in kalangan tua, wafat tahun 175 H, hidup di Maru.
  6. [6] Rabi'ah bin Abi 'Abdur Rahman Farrukh, Abu 'Utrsman, Rabi'ah Ar Ra'yi, Tabi'in kalangan biasa, wafat tahun 136 H, hidup di Madinah, wafat di Anbar.
  7. [7] Hanzhalah bin Qais bin 'Amru, Tabi'in kalangan tua, hidup di Madinah.
  8. [8] Rafi' bin Khudaij bin Rafi', Abu 'Abdullah , Shahabat, wafat tahun 73 H, hidup di Madinah, wafat di Madinah.